Rabu, 20 Januari 2010

MENGENALI PELUANG DI LINGKUNGAN TERDEKAT ANDA

Sebutkan aktivitas atau kegiatan Anda sehari-hari.
- Kuliah, pulang.

Di mana saja Anda melakukan kunjungan atau bepergian setiap harinya atau dalam wkatu-waktu tertentu?
- Kampus, rumah.

Apa yang sangat menarik perhatian Anda, baik berupa benda, barang, pelayanan, kegiatan, atau aktivitas tertentu yang Anda temui?
- Saya suka berkunjung ke tempat pameran bila saya punya waktu.

Apakah hal tersebut menjadi bahan pemikiran Anda untuk mengikuti, nmeniru, atau mendapatkan sebuah gagasan yang dapat dijadikan sebagai peluang usaha?
- Ya
- Bila meniru, saya tidak terlalu punya keahlian. Namun, saya mempunyai kreativitas yang lain yang saya kuasai dan bisa bermanfaat.

Berdasarkan jawaban tersebut, pilihlah yang menurut Anda mungkin dapat dilakukan (bisa satu, dua, atau lebih)
- Memberi ide untuk membuat disain.

Setelah mendapatkan pilihan yang tepat dan Anda sukai, jelaskan alasan Anda memilih gagaan tersebut.
- Memberi suatu pelajaran bagi yang berminat.

Cobalah Anda lakukan satu analisis sederhana untuk melihat apak gagsan tersebut benar-benar dapat dijadikan peluang, gunakan manalisi SWOT(Kekuatan, Kelemahan, PEluang, dan Ancaman) pada peluang usaha yang mungkin Anda jalankan.
- Kekuatan : kekukuatannya ada di seni.
- Kelemahan : kelemahannya jarang ada yang pesanan karena kurangya fasilitas dan bahan.
- Peluang : begitu banyak saingan di luar, membuat saya menjadi ingin terus mencoba.
- Ancaman : bangkrut. Bila ada kesalahan pada produknya dapat menimbulkan kerugian.


Agustina kurniati
(44308010025)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar